Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vaksin yang Muttafaq-alaih

Vaksin yang Muttafaq-alaih

Oleh Syakier Anwar

Tak  percaya  sama  pemerintah  karena  kinerja  yang  ngga bagus-bagus  amat  itu,  terus suka  ngeles  ngga  jelas  saat  terbukti  salah  langkah, okelah.  Tapi  kalau  tak  percaya  dokter dan  ulama,  apa  pasal?  Bisa  jadi  karena mutual  distrust, tapi  nanti,  lah,  kita  diskusikan  ini. Apa  saja  sebabnya,  kurang  mentereng  apa  coba  dalil untuk  bisa  memahami  bahwa  tabib dan  fukaha  adalah  pihak  yang  harus  didengar  anjurannya dan  diikuti  fatwanya.  Satu penyembuh,  satunya  lagi  guru.  Mengikuti  apa  kata  mereka tidak  lain  adalah  bentuk pengamalan  firman  Tuhan,  “Maka  tanyalah  ahli  ilmu jika  kalian  tidak  mengerti.”

Sudah  tujuh  belas  bulan  para  dokter  berdakwah  menyebarkan kebenaran  tentang wabah,  merawat  yang  sakit,  menghadang  penyakit  di garda  terdepan,  dan  akhir-akhir  ini gencar  mengedukasi  dan  mengajak  umat  untuk  segera vaksinasi.  Semua  otoritas kedokteran  di  berbagai  negara  menyatakan  bahwa  vaksinasi dapat  memutus  rantai penularan  penyakit,  mengurangi  gejala  kritis,  dan mencegah  kematian.  Mereka  adalah pahlawan  yang  seringnya  kekurangan  APD.  Tapi  umat masih  saja  percaya  bahwa  para tenaga  kesehatan  men-covid-kan  banyak  pasien,  memasukkan chip  dalam  tubuh  penerima vaksin,  orang  yang  divaksin  akan  mati  dalam  dua  tahun, atau  bahkan  percaya  dokter  Lois yang  rupanya  bermasalah  kejiwaan  itu  ketimbang  ahli-ahli lain  yang  sudah  mencapai bilangan tawatur.  

Dalam  kesempatan  yang  lain,  bukan hanya  percaya,  mereka  –  bahkan ada  yang  ahli  agama  –  turut    membagikan  hoaks  tentang vaksin  hingga  banyak  kelompok rentan  yang  terimbas  kebohongan  yang  tersebar.  Gelombang anti-vaksin  di  negara  mana pun  memang  bikin  kewalahan,  sudah  tak  mau  vaksin, sebar  hoaks  pula. 

Adapun  para  ulama,  sejak  awal  tahun  kemarin, fatwa-fatwa  menyangkut  kebolehan dan  kehalalan  vaksin  mulai  bermunculan  dari  lembaga-lembaga fatwa  banyak  negara. Fatwa-fatwa  tersebut  berkesimpulan  sama;  vaksinasi Covid-19  hukumnya  wajib,  bukan mubah,  apalagi  haram. 

Di  Indonesia,  Majelis  Ulama  Indonesia  (MUI)  di  akhir Maret  mengeluarkan  fatwa tentang  vaksin  Covid-19.  Fatwa  MUI  ini  detail  sekaligus problematis.  Mungkin  cuma  fatwa MUI  ini  yang  membahas  kehalalan  vaksin,  secara  khusus vaksin  AstraZeneca  yang diproduksi  di  Korea  Selatan,  dan  menghukuminya  haram karena  dalam  proses  produksi menggunakan  unsur  dari  babi.  Meski  begitu  dalam  fatwanya MUI  berkesimpulan  akhir bahwa  umat  islam  wajib  berpartisipasi  dalam  program vaksinasi  demi  tercapainya  kekebalan kelompok.  Fatwa  ini  diikuti  oleh  PP  Muhammadiyah  dan MPU Aceh.  Nahdlatul  Ulama secara  terpisah  juga  menerbitkan  fatwa  melalui  LBM PWNU  Jatim  tentang  hukum  vaksinasi. 

Kesimpulan  para  fukaha  NU  ini  juga  mewajibkan  umat untuk  menerima  vaksin.  Tiga  bulan sebelumnya,  Dar  al-Ifta  Mesir  sudah  duluan  mengeluarkan fatwa  bahwa  menerima  vaksin hukumnya  wajib  bagi  siapa  saja  yang  kesehatannya  bergantung kepada  vaksin  dan  obat demi  terjaganya  jiwa.  Fatwa  ini  diikuti  oleh  Kerajaan Malaysia  dan  beberapa  negara  muslim lainya.  Hasil  hukum  yang  sama  juga  dikeluarkan  oleh lembaga-lembaga  fatwa  Singapura, Australia,  dan  Britania  Raya.  Masalah  vaksin  ini  menarik, belum  ada  fatwa  yang  kredibel selain  wajibnya  hukum  vaksinasi.  Jarang-jarang,  lho, kita  menjumpai  para  fukaha bersepakat  dalam  memfatwakan  hukum  masalah-masalah kontemporer.  Dalam  tahap tertentu,  hukum  vaksinasi  Covid-19  ini  adalah muttafaq alaih.

Anda  mau  mengabaikan  fatwa-fatwa  tersebut?  Ya,  jangan.  Awam,  kok,  sok-sokan. Mukalid  atau  awam  itu  tugasnya  ikut  kata  fukaha.  Dari zaman  sahabat  dan  generasi  salaf saleh,  bila  ada  kejadian  yang  belum  diketahui  hukumnya, tidak  boleh  dibiarkan  begitu  saja. Yang  mampu  ijtihad,  wajib  ijtihad  dan  yang  awam  wajib bertanya,  ikut  fatwa  ulama.  Begitu syarahan  al-Jassash  saat  beristidlal  dengan  ayat  QS 21:7  di  atas  dalam al-Fushul  fi al-Ushul-nya.  

Bagaimana  kalau  tak  ada  yang  memberi fatwa  di  daerahnya?  Awam  wajib keluar  kawasan  untuk  mencari  jawaban  hukum.  Terus bila  fukaha  berbeda  pendapat  dan ada  sekian  banyak  pendapat  tentang  suatu  masalah? Boleh  lah  mukalid  memilih  satu  di antara  pendapat-pendapat  itu  sesukanya  atau  ikut  fakih yang  paling  terpercaya.  Tapi  kalau dalam  suatu  masalah  cuma  satu  pendapat  saja,  mukalid tak  punya  pilihan  selain  ikut  apa kata ulu  al-amri mereka.  Sila  tengok  penjelasan  lebih lengkap  dari  Khatib  al-Baghdadi  yang dinukil  oleh  Imam  Nawawi  dalam  mukadimah  magnum  opus-nya, Majmu’. 

Akhir-akhir  ini  saja  banyak  awam  yang  sudah  tak  lagi mau  percaya  sama  para penerjemah  Tuhan  –  pangkat  yang  disematkan  al-Qarafi dalam Ihkam-nya  buat  ahli  fatwa  –. Ah,  haibat  sekali  tamsilannya.  Fatwa-fatwa  Covid-19 di  atas  hanya  contoh  saja,  biar  cocok sama  judul.  Haha....  Sebelumnya,  sudah  banyak  fatwa tentang  kasus-kasus  kekinian  yang diabaikan  awam,  sebut  saja  fatwa  denda  dengan  harta, judi  daring,  atau  transaksi  kripto. 

Respon  awam  atas  fatwa-fatwa  itu  lucu-lucu,  ada  yang berlagak  jadi  mufti,  apa-apa  maunya dikasih  dalil.  Dalilnya,  pun,  ngga  tanggung-tanggung, kalau  ngga  Quran,  ya,  sunah.  Ada juga  yang  mendaku  ikut  fukaha,  tapi  malah  merasa  lebih tau  dari  para  fukaha  menyangkut fatwa  yang  tidak  sesuai  dengan  ambisinya.  Ngga  tau apa  kalau  bikin  fatwa  itu  ngga main-main.  Para  fukaha  sudah  memahami  dalil  dan  mendalami kasus  sebelum  berfatwa. Tapi,  yaa,  namanya  saja  sok  tahu. 

Akhir  kalam,  kembali  ke  muka.  Dokter  sudah  bersabda bahwa  vaksinasi  adalah keharusan.  Para  ahli  fatwa  berpendapat  vaksin  wajib hukumnya.  Anda  ngga  mau  vaksin,  ya, silakan,  tapi  kalau  mau  berpendapat  sebaliknya,  lha, Anda  siapa?

Penukilan: Serambi Salaf

Posting Komentar untuk "Vaksin yang Muttafaq-alaih"